-->

Safelink

Kisah Menyedihkan Dibalik Kesuksesan Air Mineral Aqua

Kisah Menyedihkan Dibalik Kesuksesan Air Mineral Aqua | AQUA, nama yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ya air mineral ini banyak kita jumpai di toko-toko atau warung-warung. Banyak warga perumahan bahkan sampai kantor pun meminum air mineral Aqua ini.
Kisah sedih dibalik kesuksesan AQUA

Walaupun harganya lebih mahal dari air mineral lainnya, tetapi aqua bisa laku dikalangan masyarakat dikarenakan mengandung banyak mineral dan ph yang pas untuk menyehatkan tubuh. Tapi dibalik kesukseskan produk aqua ini, ada kisah menyedihkan dari perjuangan aqua ini, dari cacian, hinaan, ledekan. Namun bagaimana produk ini bisa terus berjalan hingga sekarang? Baca kisahnya dibawah ini.

Kisah Menyedihkan Dibalik Kesuksesan Air Mineral Aqua | AQUA

Kesuksesan tidak dapat diraih bila kita hanya berdiam diri saja. Kesuksesan itu datang dari sebuah perjuangan yang panjang, jadi tidak salah bila banyak orang sukses berbucara tentang seberapa banyak kegagalan serta seberapa banyak tantangan yang pernah ia rasakan. Namun hal itu bukanlah halangan bagi orang-orang yang ingin meraih kesuksesan.

Contohnya pendiri air mineral Aqua ini yaitu Bapak Tirto Utomo. Beliau adalah salah satu pengusaha tersukses di indonesia yang berhasil membuat minuman berbentuk kemasan untuk pertama kalinya di indonesia (AQUA)

Pria berkelahiran 9 maret 1930 ini Awalnya mengawali inisiasi membuat air minuman kemasan saat dia sedang bertemu dengan para tamu dari luar negeri yang bertamu ke indonesia. Pikiran itupun muncul ketika bapak tirto melihat para tamu yang selalu mengeluh dengan air minum yang disajikan rasanya tidak enak bahkan ada yang sakit perut. Karena air yang disajikan adalah air asli dari dalam tanah yang direbus dengan cara tradisional yang bahkan bau tanahnya pun masih tercium.

Bapak tirto yang pekerjaannya sering pergi keluar negri, sering melihat banyak pedagang yang menjual air mineral dalam botol yang di konsumsi secara terbatas. Dari sinilah muncul sebuah ide untuk membuat air mineral kemasan di indonesia berasal, karena di indonesia belum ada satu orang pun yang menjual air mineral dalam bentuk kemasan.

Pak tirto pun mengutus adiknya untuk bekerja dan belajar tentang pembuatan produksi dari air mineral dalam kemasan yang sangat terkenal di negara thailand. Sang adikpun dengan semangat langsung berangkat kesana dan tinggal disana beberapa tahun hingga ia betul-betul memahami cara kerja pembuatan air mineral yang baik dan benar sampai akhirnya ia kembali lagi ke indonesia dengan bekal ilmu yang sudah ia dapat.

Setelah ia pulang, pak Tirto pun langsung memutuskan untuk berhenti dari perusahaan asingnya dan langsung mengejar impian untuk menciptakan air mineral. Ia berkata bahwa ia ingin mengundurkan diri dan ingin membangun bisnisnya sendiri (Ucap dia kepada atasan)

Kerja keraspun dimulai, ia membuat perusahaan air mineral pertama kali di indonesia. Perusahaan itu bernama Pt. Golden Misisipi yang berada di wilayah bekasi pada tanggal 23 februari1973. Percobaan produksipun dimulai pada bukan agustus 1973 dengan produksi pertamanya yaitu AQUA dengan botol kaca berukuran 950ML dan AQUA galon yang terbuat dari kaca juga.

Perjuangan pak Tirto pun dimulai karena tak mudah memasarkan produk seperti ini di Indonesia dikarenakan belum banyak di minati dan belum populer sama sekali. Semua perancangan pemasaran dan rasa optimis bersama tim akan suksesnya produk ini pun gagal total.

Pasar Indonesia belum bisa menerima air minum dalam kemasan. Semua orang bahkan menertawakan "Orang bodoh mana yang ingin membeli air putih seperti itu, semua orang bisa masak sendiri dan mendapatkannya secara gratis" Ucap masyarakat saat ditawarkan minuman AQUA.

3 tahun pertama penjualan sangat merosot, tidak ada satupun manusia yang membeli minuman kemasan ini. Pak Tirto pun bahkan hampir ingin menutup pabrik Aqua dikarenakan ketidakjelasan masa depan pada produk aqua pada masa itu. Pak Tirto pun gelisah dan terus memikirkan bisnis ini.

Bayangkan saja, demi perusahaan AQUA ia sudah mengeluarkan banyak modal untuk membangun perusahaan, bahkan ia pun sampai rela mengundurkan diri dari pekerjaannya. Namun yang ia terima hanyalah penolakan dan hiaan yang bertubi-tubi dari publik. Pak Tirto sempat menyerah pada saat itu dikarenakan ia sudah merasa benar-benar gagal dan tidak ada masa depan dalam produk minuman AQUA ini.

Namun Pak Tirto pun berfikir, mana mungkin aku menyerah secepat itu. Ini semua belum berakhir!!! Karena kegagalan sesungguhnya adalah ketika kita berhenti berusaha. Dengan pemikiran itu, pak tirto pun bangkit dari ke gelisahannya dan melanjutkan meraih mimpi akan kesuksesan produk air mineralnya.

Harga gila pun mulai meluncur. bukannya air mineral ia jual dengan harga murah agar laris, ia malah menaikan harganya menjadi 3x lipat dari harga awal. Distribusi pun berpaling dari yang awalnya di produksi di masyarakat, sekarang ia menjualnya ke perusahaan-perusahaan asing seperti perusahaan Korea yang waktu itu sedang menangani proyektor.

Tidak disangka-sangka, Ide gilanyapun berhasil. Para pekerja asing itu sangat menyukai AQUA. Pasar pun mulai terbuka dan omset pun mulai meningkat. Masyarakat pun mulai mempercayai bahwa AQUA memiliki kualitas tinggi karena dilihat dari harganya yang sangat mahal.

Ia pun mulai memasarkan produk ini di Toko-toko terdekat dengan menaruh 3 botol AQUA terlebih dahulu, proses pasar pun luar biasa. Permintaan AQUA pun semakin naik. 3 botol yang tadinya didistribusikan secara gratis, kini diberi biaya untuk penjualan AQUA. Air ini pun kini mulai dikenal di berbagai daerah indonesia bahkan omsetnya pun melunjak tinggi diluar dugaan Pak Tirto. 

Pada tahun 1982 bahan baku Air AQUA pun diganti, dari awalnya berasal dari sumur bor sekarang menjadi air pegunungan yang mengalir sendiri, karena diduga mengandung komposisi alami yang kaya akan nutrisi.

Kini Aqua pun sudah tersebar luas di Indonesia bahkan terjangkau sampai keluar negri. Seperti singapore, malaysia, beejing, timur tengah, bahkan sampai afrika. Produk ini pun sudah sangat kokoh dan menjadi produk besar di indonesia. Sampai sekarang Aqua pun masih diminati oleh banyak masyarakat.

Dibalik minuman air mineral yang kita konsumsi sehari-hari ini ternyata ada perjuangan yang sangat panjang bahkan hampir menyerah dalam memproduksinya. Semoga dari kisah ini kita dapat mengambil nilai moral yang baik untuk kehidupan kita. Terimakasih telah membaca kisah di SpookyByte, sampai jumpa di kisah selanjutnya ^_^


0 Response to "Kisah Menyedihkan Dibalik Kesuksesan Air Mineral Aqua"

Post a Comment

Silahkan berkomentar dan kritik apabila pembahasan kami kurang bagus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel